Headlines News :
Home » , » Waktu-Waktu Shalat

Waktu-Waktu Shalat




1- Shalat Dhuhur

Waktu sholat dhuhur mulai dari tergelincirnya matahari hingga panjang bayang-bayang sesuatu sama dengan tingginya.

Sesuai dengan hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, Rasulallah saw bersabda: “Jibril datang di sisi Baitullah sebanyak dua kali. Pertama kali, ia shalat dhuhur ketika kadar bayangan matahari semisal tali sandal. Ia shalat ashar ketika bayangan benda sama dengan bendanya. Ia shalat maghrib ketika orang yang puasa berbuka. Ia shalat isya ketika syafaq telah tenggelam. Ia shalat fajar bersamaku ketika makan dan minum telah diharamkan bagi orang yang puasa. kemudian Jibril kembali shalat dhuhur yang kedua kalinya. Ia shalat dhuhur saat bayangan benda sama dengan bendanya. Ia shalat ashar saat bayangan benda dua kali bendanya. Ia shalat maghrib seperti waktu shalat pertama (ketika orang yang puasa berbuka). Ia shalat isya ketika telah berlalu sepertiga malam. Dan ia shalat fajar ketika bumi kemerah-merahan. Kemudian ia menoleh kepadaku seraya berkata, “Wahai Muhammad, inilah waktu shalat para nabi sebelummu dan waktunya berada di antara dua waktu yang ada.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi)

2- Shalat Ashar

Waktu shalat ashar mulai dari keluarnya waktu shalat dhuhur (hadist tersebut di atas), hingga terbenam matahari.

Rasulallah saw bersabda: “Barangsiapa shalat Subuh satu raka’at sebelum terbit matahari maka ia telah mendapatkannya, dan barangsiapa shalat Ashar sebelum tenggelam matahari maka ia telah mendapatkanya” (HR Bukhari Muslim)

3- Shalat Maghrib

Waktu shalat maghrib mulai dari terbenam matahari (hadist tersebut di atas) hingga hilang sinar merah ketika matahari tenggelam.

Rasulallah saw bersabda: “Waktu shalat Maghrib sebelum tenggelamnya syafaq” (HR Muslim)

4- Shalat Isya’

Waktu shalat isya’ dimulai jika telah hilang syafaq yaitu sinar merah di langit (hadist tersebut di atas) sampai terbit fajar shadiq (fajar kedua).

Rasulallah saw bersabda: “Orang yang ketiduran tidak dikatakan tafrith (meremehkan). Sesungguhnya yang dinamakan meremehkan adalah orang yang tidak mengerjakan shalat sampai datang waktu shalat berikutnya.” (HR. Muslim)

5- Shalat Subuh

Shalat subuh dimulai dari terbitnya fajar shadiq yaitu fajar kedua (hadist tersebut di atas) hingga terbit matahari.

Rasulallah saw bersabda: “Barangsiapa shalat Subuh satu raka’at sebelum terbit matahari maka ia telah mendapatkannya” (HR Muslim)
Share this article :

Contoh Iklan

 
Alamat Reumoh : Jln. Tol. Nyak Nurdin No.3, Geulanggang Samping, Kec. Kota Harimau Kab. Ek Tren HP:0853 6053 xxxx, Email : pura-puramantong@gmail.com